BLOG KESUKAAN KITA SEMUA

BLOG KESUKAAN KITA SEMUA

Friday, June 25, 2010

Kaum Tionghoa Di mata Seorang Erwin

Warga keturunan tionghoa banyak banget adat istiadat dan tradisinya, tiap suku tionghoa ada tradisi sendiri2.. coba kalian2 tanya ke ortu kalian, dari suku apakah mereka.. kebanyakan di indonesia suku2 tionghoa yang bisa ditemui (setidaknya di kota2 besar) adalah suku ghek, hokkian, dan hokjia. Ketiga suku ini menurut saya yang paling mendominasi setidaknya sebagian besar masyarakat tionghoa di indonesia..

gw sendiri terlahir dari nyokap ghek dan bokap hokjia, dan menurut adat tionghoa anak2 seharusnya mengikuti silsilah dari pihak lelaki.. jadi gw hokjia! hehehe.. sebagai seorang warga tionghoa gw bangga akan silsilah keturunan gw, tetapi terkadang yang bikin gw bingung tuh.. kok ribet banget yach?!?! emang sih bagus ngikutin n melestarikan adat istiadat tionghoa tapi kadang2 yang ga penting banget tu juga diikutin jadinya kerasa ribet..gw pernah hadirin acara pernikahan salah satu keluarga gw.. kalo di adat tionghoa kalo mo nikah tuh ada yang namanya baki2an.. nahh baki2an ni biasanya yang keluarga cowo nyediain barang2 seperti baju,perhiasan,dll lalu dituker ama baki2nya yang cewe yang notabene barang2nya juga ga jauh beda.. jaman sekarang mah tergantung ekonomi masing2 keluarga mau naruh apa di baki2.. kalo ga ada uang ya taruh kolor.. kalo ada uang ga perlu perhiasan cukup berkas2 sertifikat rumah dan apartment aja ditaruh dibaki.. yang bikin repot nih kadang baki2an gini diliat ama sodara2 yang laen.. jadinya martabat kedua mempelai itu dipandang berdasarkan isi baki..menurut gw sih kaya gini agak2 ga adil yaa...

banyak banget tradisi tionghoa atau katakanlah nasehat2 mutiara dari nenek moyang yang gw ikutin sampe sekarang berikut beberapa contohnya yang general :
1. makan jangan goyang2 kakinya nanti ga ada rejeki
2. jangan duduk sambil nopang kepala nanti hidupnya susah
3. ga bole potong kuku malem2
4. ga bole ketawa sebelom tidor ntar bisa nangis
5. rumah nda bole tusuk sate rejeki hilang

dan masi banyak lagi yang lain2 yang menurut gw agak aneh2 seperti ga bole pake baju kebalik nanti kerasukan setan lah dan sebagainya hehehe...

Tionghoa tuh banyak jenisnya.. ada yang totok, ada tionghoa modern ada juga tionghoa yang tidak mengerti adat2nya atau yang udah bener2 hilang tradisinya nah mereka ini biasa disebut jiau sen.. keluarga gw termasuk fusion totok dan modern jadi kita masi memegang kuat adat2 tionghoa tapi di satu sisi kita termasuk keluarga yang modern jadi ga membatasi ruang gerak gitu lah istilahnya.. dulu gw punya mak co tuh totok banget.. kemana2 pake jibao (pakaian cina yang kaya dipake di wong fei hung) mak co gw tu cerewettt banget teros pernah gw diceritain bokap katanya dulu gw sempet benci gara2 gw mau turun mobil waktu lagi isi bensin (umur 4 taon kayanya) nah mak co gw kan takot ada apa2 tapi karena tangannya ga nyampe ngegape gw.. jadinya rambut gw yang kejambak teros ditarik hauehauehau!! tapi sampe detik ini meskipun beliau uda ga ada gw tetep bangga banget soalnya beliau yang bisa bikin keluarga gw besar seperti ini..

oh ya yang namanya orang tiong hoa pasti ada donk nama2 tiong hoaa.. nahh gw dari marga wang tapi kalo ditulis jadinya ong.. sampe sekarang gw bingung gimana coba caranya bisa jadi kaya gitu.. ehm gw ga akan kasi tau nama tiong hoa gw tapi pokoknya artinya raja sumber segala air hauehaueau...

warga tionghoa tuh terkenal ulet dalam bekerja.. pokoknya siang malem kerja teros mandinya nanti.. makanya orang2 tionghoa kadang keteknya basah2 kalo kerja hehe tapi berkat keuletannya itu mereka turut andil dalam membangun negeri indonesia tercinta kita ini :) pernah satu hari gw ngeliat engkong2 yang udah tuaaa banget.. kayanya lebih tua dari engkong gw.. jualan aqua malem2 dateng ke tempat gw makan (waktu itu lagi makan di mie ujung pandang manyar kertoarjo) gw beli deh aquanya teros gw tanya "kong rumahnya dimana" si engkong jawabnya "rumahnya di nginden" wuahhhhh terharu bangetttt jauh2 dari sana keliling seharian cuman buat jual2in aqua.. itulah yang gw seneng dari kaum tionghoa.. udah tua tapi masih ulet hehe

yah blog gw kali ini bukan bermaksud SARA ataupun membangga2kan satu pihak saja.. tapi gw cuman mau kasi persepsi aja kepada semua orang bahwa ga semua kaum tionghoa tu pelit, picik, licik, dan jengkelin.. kita sebagai imigran di negeri indonesia waktu itu datang nda bawa apa2 dan hidup susah banget.. jadi kaga heran kalo kaum tionghoa kebanyakan pelit.. dan kebanyakan kaum tionghoa dibatesin oleh aturan2 adat istiadatnya sendiri jadi mungkin itu yang bikin jengkel.. tapi apapun itu kita tetep sama2 tinggal di indo n sama2 makan nasi jadi yah.. saling menghormati aja ^_^

3 comments:

  1. Mantap bos tulisannya.... betul tuh,kita harus saling menghormati, kan kita sama2 makan nasi...

    ReplyDelete
  2. makasih bos hehe bener2 sama2 makan nasi tu ya sederajat jadi harus menghormati lah

    ReplyDelete
  3. tionghoa is the best
    btw tulisanya keren boss
    sesama tionghoa ni kita
    hehe

    ReplyDelete